Manfaat Magnesium untuk Kesehatan Beserta Sumber Makanannya.

Manfaat Magnesium untuk Kesehatan Beserta Sumber Makanannya.

Mungkin Anda sudah familiar dengan yang namanya magnesium. Tetapi, tahukah Anda apa manfaat magnesium sebenarnya, dan seberapa banyak makanan sumber magnesium yang Anda konsumsi setiap hari?

Manfaat magnesium bagi kesehatan tubuh

Magnesium adalah salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Magnesium berperan dalam lebih dari 300 proses biologis yang terjadi di dalam tubuh, termasuk pencernaan, komunikasi antar sel saraf, hingga gerakan otot-otot.

Saking pentingnya fungsi magnesium, rangka manusia mampu menyimpan hingga 60 persen kebutuhan magnesium sementara sisanya tersimpan di dalam jaringan otot, jaringan lunak, hingga sel-sel darah.

Lantas, apa saja manfaat magnesium bagi kesehatan tubuh?

1. Menjaga kesehatan tulang

Fungsi magnesium yang utama adalah untuk kesehatan tulang. Magnesium membantu penyerapan kalsium serta vitamin D dalam tubuh. Kedua vitamin dan mineral tersebut adalah zat gizi yang membuat tulang Anda kuat serta padat. Kekurangan magnesium berisiko membuat tulang rapuh bahkan memicu osteoporosis.

2. Menjaga kesehatan jantung

Fungsi magnesium lainnya adalah mencegah berbagai gangguan fungsi jantung. Mengonsumsi magnesium dengan jumlah yang tepat terbukti dapat menghindari Anda dari penyumbatan pembuluh darah serta tekanan darah tinggi yang biasanya menjadi penyebab dari serangan jantung, gagal jantung, hingga stroke.

3. Baik bagi orang dengan diabetes

Bagi orang-prang yang memiliki diabetes, asupan makanan tinggi magnesium bermanfaat untuk mencerna serta mengolah karbohidrat dalam tubuh. Seberapa baik tubuh mengolah karbohidrat makanan tentunya berpengaruh terhadap kadar gula darah.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi makanan tinggi magnesium dapat memaksimalkan kerja hormon insulin – hormon yang bertugas mengatur kadar gula darah.

4. Menyembuhkan sakit kepala

Meski baru dibuktikan dalam penelitian lingkup kecil, namun magnesium terbukti dapat mengatasi gejala sakit kepala. Para ahli percaya bahwa orang yang cukup asupan magnesium cenderung jarang terkena migrain atau sakit kepala ketimbang yang kekurangan magnesium.

5. Mencegah dan membantu atasi stres

Manfaat magnesium lainnya adalah dapat membantu Anda mengatasi stres dan depresi. Magnesium punya andil dalam fungsi otak yang mengatur mood. Dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa orang yang kekurangan magnesium, akan lebih rentan stres dan depresi dibandingkan yang cukup magnesium. Zat ini dapat membuat interaksi antar sel saraf Anda lebih optimal, sehingga pengelolaan stres dari dalam tubuh menjadi lebih baik.

6. Meningkatkan kebugaran tubuh

Faktanya, magnesium juga memengaruhi kebugaran tubuh sehingga meningkatkan performa olahraga Anda. Zat mineral ini terbukti dapat membuat proses pembentukan energi lebih baik, yang membuat pengelolaan energi ketika berolahraga jauh lebih efektif. Sederhananya, dengan asupan magnesium yang mencukupi, Anda bisa berolahraga dengan energi tinggi tanpa mudah merasa lelah.

Selain itu, magnesium juga mencegah pembentukan asam laktat yang berlebihan, yang biasanya jadi penyebab kram saat olahraga.
Apa saja makanan yang mengandung magnesium?

Dengan begitu banyaknya manfaat magnesium bagi tubuh, maka Anda harus memenuhi kebutuhannya setiap hari. Ada banyak makanan sumber magnesium yang bisa Anda konsumsi, yaitu:
  1. Alpukat
  2. Pisang
  3. Sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, brokoli, dan sawi
  4. Kacang-kacangan
  5. Kacang kedelai
  6. Biji gandum utuh
  7. Beberapa jenis ikan, seperti salmon
  8. Susu dan produk olahan susu

Berapa banyak magnesium yang harus saya konsumsi dalam satu hari?

Kebutuhan magnesium tentu berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung dengan kondisi tubuh dan usia Anda. Jika Anda sedang mengalami infeksi, maka kemungkinan besar membutuhkan magnesium yang lebih. Namun, berikut adalah angka kebutuhan rata-rata magnesium per hari sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan:

Anak-anak
    0-6 bulan: 300 mg
    7-11 bulan: 55 mg
    1-3 tahun: 60 mg
    4-6 tahun: 95 mg
    7-9 tahun: 120 mg

Laki-laki
    10-12 tahun: 150 mg
    13-15 tahun: 200 mg
    16-18 tahun:  250 mg
    Lebih dari 19 tahun: 350 mg

Perempuan

    10-12 tahun: 155 mg
    13-15 tahun: 200 mg
    16-18 tahun: 220 mg
    Lebih dari 19 tahun: 320 mg

Sebuah penelitian menyatakan bahwa ketika berolahraga, Anda membutuhkan 10-20 persen lebih banyak magnesium daripada kondisi normal.

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Magnesium untuk Kesehatan Beserta Sumber Makanannya."